Sebelum mengenal lebih dalam mengenai Ilmu Perkapalan lebih baik dipahami proses dan tahapan dalam pembangunan sebuah Kapal. Kapal dibangun secara spesifik sesuai dengan kebutuhan pemesan (owner) yang memberikan persyaratan (requirements). Persyaratan yang diberikan pemesan kapal meliputi:
1. Fungsi Karakteristik (untuk apa kapal dibuat)
2. Bentuk Spesifik lambung dan kebutuhan power
3. Ketersediaan ruang muat (untuk mengangkut barang atau penumpang)
4. Distribusi Beban pada lambung (untuk mengetahui kekuatan kapal saat operasi)
5. Teknis pembangunan dan efisiensi performa saat beroperasi
Dapat dilihat dalam tampilan lengkapnya pada Gambar 1.
Source: Ship Design Procedure according to K.Levander (2009) and Papanikolau et al. (2009)
Gambar 1. menjelaskan mengenai objek yang harus dipenuhi, tahapan ini disebut juga objek dari Preliminary Design. Objek-objek tersebut adalah:
- Selection of main ship dimensions
- Development of the ship’s hull form (wetted and above-water parts)
- Specification of main machinery and propulsion system type and size (powering)
- Estimation of auxiliary machinery type and powering
- Design of general arrangement of main and auxiliary spaces (cargo spaces, machinery spaces and accommodation)
- Specification of cargo-handling equipment
- Design of main structural elements for longitudinal and transverse strength
- Control of floatability, stability, trim and freeboard (stability and load line regulations)
- Tonnage measurement (gross register tons)
Beberapa objek tersebut harus memiliki spesifikasi yang memenuhi dari aturan (klasifikasi dan IMO).
Desain prosedur pada Gambar 1. dapat diuraikan menjadi detail desain pada Gambar 2.
2. Bentuk Spesifik lambung dan kebutuhan power
3. Ketersediaan ruang muat (untuk mengangkut barang atau penumpang)
4. Distribusi Beban pada lambung (untuk mengetahui kekuatan kapal saat operasi)
5. Teknis pembangunan dan efisiensi performa saat beroperasi
Dapat dilihat dalam tampilan lengkapnya pada Gambar 1.
Source: Ship Design Procedure according to K.Levander (2009) and Papanikolau et al. (2009)
Gambar 1. menjelaskan mengenai objek yang harus dipenuhi, tahapan ini disebut juga objek dari Preliminary Design. Objek-objek tersebut adalah:
- Selection of main ship dimensions
- Development of the ship’s hull form (wetted and above-water parts)
- Specification of main machinery and propulsion system type and size (powering)
- Estimation of auxiliary machinery type and powering
- Design of general arrangement of main and auxiliary spaces (cargo spaces, machinery spaces and accommodation)
- Specification of cargo-handling equipment
- Design of main structural elements for longitudinal and transverse strength
- Control of floatability, stability, trim and freeboard (stability and load line regulations)
- Tonnage measurement (gross register tons)
Beberapa objek tersebut harus memiliki spesifikasi yang memenuhi dari aturan (klasifikasi dan IMO).
Desain prosedur pada Gambar 1. dapat diuraikan menjadi detail desain pada Gambar 2.
Gambar 2. Spiral Design
Source: Design Spiral by J.H. Evans 1959.
Berdasarkan dari spiral desain tersebut akan dapat diuraikan secara detal pada ilustrasi gambar 3.
Gambar 3. Rencana Prosedur tahapan Desain, Konstruksi dan Pengoperasian Kapal
Source: Sen and Birmingham (1997)
Tentunya terikat mengenai Owner Requirements tentunya desain harus disetujui (approval by rules) yang dipelopori oleh Association of Classification Societies (IACS) yang anggotanya adalah:
• UK: Lloyd’s Register of Shipping (LR, www.lr.org)
• Germany: Germanischer Lloyd (GL, www.gl-group.com13)
• Norway: Det Norske Veritas (DNV, www.dnv.com)
• USA: American Bureau of Shipping (ABS, www.eagle.com)
• France: Bureau Veritas (BV, www.bureauveritas.com)
• Italy: Registro Italiano Navale (RINA, www.rina.org)
• Japan: Nippon Kaiji Kyokai (NKK, www.classnk.or.jp)
• P.R. China: China Classification Society (CCS, www.ccs.org.cn)
• Korea: Korean Register of Shipping (KR, www.krs.co.kr)
• Russia: Russian Maritime Register of Shipping (RS, www.rusregister.ru)
• Germany: Germanischer Lloyd (GL, www.gl-group.com13)
• Norway: Det Norske Veritas (DNV, www.dnv.com)
• USA: American Bureau of Shipping (ABS, www.eagle.com)
• France: Bureau Veritas (BV, www.bureauveritas.com)
• Italy: Registro Italiano Navale (RINA, www.rina.org)
• Japan: Nippon Kaiji Kyokai (NKK, www.classnk.or.jp)
• P.R. China: China Classification Society (CCS, www.ccs.org.cn)
• Korea: Korean Register of Shipping (KR, www.krs.co.kr)
• Russia: Russian Maritime Register of Shipping (RS, www.rusregister.ru)
Kapal-kapal tersebut dibangun berdasarkan kebutuhan dan fungsi yang dibutuhkan oleh pemesan untuk mendapatkan keuntungan dalam usahanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar